PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMPUTER

1)  Perkembangan generasi komputer sebelum tahun 1940
Pada era sebelum tahun 1940 penggunaan alat bantu penghitung masih sangat sederhana dan manual,
1.  Abacus

Muncul  sekitar  5000 tahun  yang  lalu  di  Asia  kecil  dan  masih  digunakan  di beberapa tempat hingga saat ini, dapat dianggap sebagai awal mula mesin komputasi.  Alat  ini  memungkinkan  penggunanya  untuk  melakukan perhitungan  menggunakan biji-bijian geser yang diatur pada sebuh rak.Para pedagang  di  masa  itu  menggunakan  abacus  untuk  menghitung  transaksi perdagangan.  Seiring  dengan  munculnya  pensil  dan  kertas,  terutama  di Eropa, Abacus kehilangan popularitasnya.

2.  Kalkulator roda numerik 1

Setelah hampir 12 abad, muncul penemuan lain dalam hal mesin komputasi. Pada tahun 1642, Blaise Pascal (1623-1662), yang pada waktu itu berumur 18  tahun,  menemukan  apa  yang  ia  sebut  sebagai  kalkulator  roda  numerik (numerical  wheel  calculator)  untuk  membantu  ayahnya  melakukan perhitungan  pajak.  Kotak  persegi  kuningan  ini  yang  dinamakan  Pascaline, menggunakan  delapan  roda  putar  bergerigi  untuk  menjumlahkan  bilangan hingga delapan digit.  Alat ini merupakan alat  penghitung bilangan berbasis sepuluh.  Kelemahan  alat  ini  adalahhanya  terbataas  untuk  melakukan penjumlahan.

3.  Kalkulator roda numerik 2
Tahun  1694,  seorang  matematikawan  dan  filsuf  Jerman,  Gottfred  Wilhem von  Leibniz  (1646-1716)  memperbaiki  Pascaline  dengan  membuat  mesin yang  dapat  mengalikan.  Sama  seperti  pendahulunya,  alat  mekanik  ini bekerja  dengan  menggunakan  roda-roda  gerigi.  Dengan  mempelajari catatan  dan  gambar-gambar  yang  dibuat  oleh  Pascal,  Leibniz  dapat menyempurnakan alatnya.

4.  Kalkulator Mekanik

Charles  Xavier  Thomas  de  Colmar  menemukan  mesin  yang  dapat melakukan  empat  fungsi  aritmatik  dasar.  Kalkulator  mekanik  Colmar, arithometer,  mempresentasikan  pendekatan  yang  lebih  praktis  dalam kalkulasi karena alat tersebut dapat melakukan penjumlahan, pengurangan, perkalian,  dan  pembagian.  Dengan  kemampuannya,  arithometer  banyak dipergunakan hingga masa Perang Dunia I. Bersama-sama dengan Pascal dan Leibniz, Colmar membantu membangun era komputasi mekanikal

2)  Perkembangan generasi komputer setelah tahun 1940
1.  Komputer generasi pertama ( 1940-1959 ).

Komputer  generasi  pertama  ini  menggunakan  tabung  vakum  untuk memproses dan menyimpan data.  Alat ini  menjadi cepat panas dan mudah terbakar,  oleh  karena  itu  beribu-ribu  tabung  vakum  diperlukan  untuk menjalankan  operasi  keseluruhan  komputer.  Alat  ini  juga  memerlukan banyak  tenaga  elektrik  yang  menyebabkan  gangguan  elektrik  di  kawasan sekitarnya. Komputer generasi pertama ini 100% elektronik dan membantu para  ahli  dalam  menyelesaikan  masalah  perhitungan  dengan  cepat  dan tepat.

2.  Komputer generasi kedua ( 1959 - 1964 )

Pada  tahun  1948,  penemuan  transistor  sangat  mempengaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan tabung vakum di televisi, radio,  dan  komputer.  Akibatnya,  ukuran  mesin-mesin  elektrik  berkurang drastis.
Transistor  mulai  digunakan  di  dalam  komputer  mulai  pada  tahun  1956. Penemuan  lain  yang  berupa  pengembangan  memori  inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat,  lebih  dapat  diandalkan,  dan  lebih  hemat  energi  dibanding  para pendahulunya. Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah superkomputer.
IBM membuat superkomputer bernama Stretch, dan Sprery-Rand membuatkomputer  bernama  LARC.  Komputer-komputer  ini,  yang  dikembangkan untuk laboratorium energi atom, dapat menangani data dalam jumlah yang besar.  Mesin tersebut sangat  mahal dan cenderung terlalu kompleks untuk kebutuhan  komputasi  bisnis,  sehingga  membatasi  kepopulerannya.  Hanya ada  dua  LARC  yang  pernah  dipasang  dan  digunakan:  satu  di  Lawrence Radiation  Labs  di  Livermore,  California,  dan  yang  lainnya  di  US  Navy Research and Development Center di Washington D.C.

Komputer  generasi  kedua  menggantikan  bahasa  mesin  dengan  bahasa assembly.  Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatansingkatan  untuk  menggantikan  kode  biner.  Pada  awal  1960-an,  mulai bermunculan  komputer  generasi  kedua  yang  sukses  di  bidang  bisnis,  di universitas, dan di pemerintahan.

Komputer-komputer  generasi  kedua  ini  merupakan  komputer  yang sepenuhnya  menggunakan  transistor.  Mereka  juga  memiliki  komponenkomponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer pada saat ini: printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, dan program.

3.  Komputer generasi ketiga ( 1964 - awal 80an )

Walaupun  transistor  dalam  banyak  hal  mengungguli  tube  vakum,  namun transistor  menghasilkan  panas  yang  cukup  besar,  yang  dapat  berpotensi merusak  bagian-bagian  internal  komputer.  Batu  kuarsa  (quartz  rock) menghilangkan  masalah  ini.  Jack  Kilby,  seorang  insinyur  di  Texas Instrument,  mengembangkan  sirkuit  terintegrasi  (IC  :  integrated  circuit)  di tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Pada ilmuwan kemudian berhasil  memasukkan  lebih  banyak  komponen-komponen  ke  dalam  suatu chip  tunggal  yang  disebut  semikonduktor.  Hasilnya,  komputer  menjadi semakin  kecil  karena  komponen-komponen  dapat  dipadatkan  dalam  chip. Kemajuan  komputer  generasi  ketiga  lainnya  adalah  penggunaan  sistem operasi (Operating System) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai  program  yang  berbeda  secara  serentak  dengan  sebuah  program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.

4.  Komputer generasi keempat ( awal 80an - ??? )

Setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran sirkuit  dan  komponen  -  komponen  elektrik.  Large  Scale  Integration  (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip.  Pada tahun 1980-an, Very  Large  Scale  Integration  (VLSI)  memuat  ribuan  komponen  dalam sebuah  chip  tunggal.  Ultra-Large  Scale  Integration  (ULSI)  meningkatkan jumlah  tersebut  menjadi  jutaan.Kemampuan  untuk  memasang  sedemikian banyak  komponen  dalam  suatu  keping  yang  berukurang  setengah  keping uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran komputer.  Hal tersebut juga  meningkatkan  daya  kerja,  efisiensi  dan  keterandalan  komputer.  Chip Intel  4004  yang  dibuat  pada  tahun  1971  membawa  kemajuan  pada  IC dengan  meletakkan  seluruh  komponen  dari  sebuah  komputer  (central processing unit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil. Sebelumnya, IC dibuat untuk mengerjakan suatu tugas tertentu yang  spesifik.  Sekarang,  sebuah  mikroprosesor  dapat  diproduksi  dan kemudian  diprogram  untuk  memenuhi  seluruh  kebutuhan  yang  diinginkan. Tidak  lama  kemudian,  setiap  perangkat  rumah  tangga  seperti  microwave oven,  televisi,  dn  mobil  dengan  electronic  fuel  injection  dilengkapi  dengan mikroprosesor.

5.  Komputer generasi kelima

Banyak kemajuan di bidang desain komputer dan teknologi semakin memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model non Neumann. Model non Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu mengoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Kemajuan lain adalah teknologi super konduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.
Pada generasi ini ditandai dengan munculnya: LSI (Large Scale Integration) yang merupakan pemadatan ribuan microprocessor ke dalam sebuah microprocessor. Selain itu, juga ditandai dengan munculnya microprocessor dan semi conductor. Perusahaan-perusahaan yang membuat microprocessor di antaranya adalah: Intel Corporation, Motorola, Zilog dan lainnya lagi. Di pasaran bisa kita lihat adanya microprocessor dari Intel dengan model 4004, 8088, 80286, 80386, 80486, dan Pentium.
Pentium-4 merupakan produksi terbaru dari Intel Corporation yang diharapkan dapat menutupi segala kelemahan yang ada pada produk sebelumnya, di samping itu, kemampuan dan kecepatan yang dimiliki Pentium-4 juga bertambah menjadi 2 GHz. Gambar-gambar yang ditampilkan menjadi lebih halus dan lebih tajam, di samping itu kecepatan memproses, mengirim ataupun menerima gambar juga menjadi semakin cepat.
Pentium-4 diproduksi dengan menggunakan teknologi 0.18 mikron. Dengan bentuk yang semakin kecil mengakibatkan daya, arus dan tegangan panas yang dikeluarkan juga semakin kecil. Dengan prosesor yang lebih cepat dingin, dapat dihasilkan kecepatan MHz yang lebih tinggi. Kecepatan yang dimiliki adalah 20 kali lebih cepat dari generasi Pentium–3.
Packard Bell iXtreme 4140i merupakan salah satu PC komputer yang telah menggunakan Pentium-4 sebagai prosesor dengan kecepatan 1.4 GHz, memori RDRAM 128 MB, hard disk sebesar 40 GB (1.5 GB digunakan untuk recovery), serta video card GeForce2 MX dengan memori 32 MB.
HP Pavilion 9850 juga merupakan PC yang menggunakan Pentium-4 untuk prosesor nya dengan kecepatan 1.4 GHz. PC Pentium-4 Hewllett-Packard ini daaing dengan dominan warna hitam dan abu-abu. Dibanding dengan PC lainnya, Pavilion merupakan PC Pentium-4 dengan fasilitas terlengkap. Memori yang dimiliki sebesar RDRAM 128 MB, hard disk 30 GB dengan monitor sebesar 17 inci.
Jepang adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer generasi kelima. Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga dibentuk untuk merealisasikannya. Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek ini telah gagal, namun beberapa informasi lain bahwa keberhasilan proyek komputer generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma komputerisasi di dunia.
komputer generasi ke-enam

Komputer generasi ke-6 ini merupakan komputer yang saat ini masih dalam tahap pengembangan. Sehingga untuk komputer generasi ke-6 belum dapat dipastikan bentuknya akan seperti apa. Tapi ada beberapa gambaran yang dapat ditemukan tentang komputer generasi ke-6. Komputer generasi ke-6 menghasilkan teknologi komputer yang yang canggih dan mempunyai kemampuan untuk mengarsiteki biochip. Biochip ini terbuat dari bahan protein sintetis yang kelak akan menjadi manusia tiruan. Selain itu para ilmuwan sekarang sedang merintis suatu komputer tanpa program (programless komputer). Komputer masa depan ini tidak memerlukan penulisan atau pembuatan program. Dasar dari programless komputer ini adalah riset tentang mikrooptik dan input-output radio. Komputer masa depan yang termasuk generasi ke-6 ini dapat dikatakan sebagai komputer tercepat karena bekerja dengan system vector processor, yakni adanya penggunaan beberapa buah processor yang dapat bekerja sama secara parallel. Kecepatan super komputer ini sama dengan 1 milyar operasi per detik. Komputer generasi ke-6 selain dapat digunakan secara personal, dapat pula dimanfaatkan oleh industry-industri besar seperti melakukan perancangan pesawat terbang, peramalan cuaca, dan pengeboran minyak.
 

Ulasan Mengenai Arsitektur dan Organisasi Komputer Generasi Ke-6
 

• Segi arsitektur Komputer
Kemunculan-kemunculan dari generasi computer pasti menghasilkan perubahan-perubahan yang signifikan mengenai arsitektur computer. Hal tersebut bisa terjadi karena arsitektur computer adalah bagian yang paling vital. Mengapa demikian? Karena kemajuan dari industry computer ditentukan oleh desain arsitektur computer. Arsitektur computer merupakan atribut-atribut system computer yang terkait dengan seorang programmer seperti set instruksi, aritmatika, register, atau mekanisme I/O. Komputer generasi ke-6 menggunakan system vector processor. Sistem vector processor ini mempunyai prinsip yaitu adanya penggunaan dari beberapa buah processor yang dapat bekerja sama secara parallel. Sebenarnya system processor seperti ini sudah mulai diterapkan oleh computer generasi ke-4 dengan processor generasi core dari Intel. Dengan kata lain computer generasi ke-6 ini adalah penyempurnaan computer generasi sebelumnya. Yang perlu diperhatikan disini adalah sedang dirintisnya suatu computer tanpa program (programless computer) pada computer generasi ke-6. Hal ini berdampak pada semakin mandirinya suatu computer karena dapat berjalan tanpa campur tangan dari seorang programmer.
 

• Segi organisasi Komputer:
Organisasi Komputer adalah bagian yang terkait erat dengan unit–unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya. Contoh aspek organisasional adalah teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, sistem memori, dan sinyal–sinyal kontrol. Organisasi computer pada computer generasi ke-6 mengalami perubahan yang sangat signifikan. Hardware komputer yang mempunyai fungsi tertentu seperti monitor, keyboard, mouse, speaker, maupun chasing beserta isinya tidak lagi digunakan. Fungsi-fungsi dari setiap hardware computer tersebut nantinya akan digantikan oleh sebuah perangkat yang mempunyai kemampuan istimewa. Perangkat yang mini ini nanti berisi microchip yang mempunyai kemampuan sama dengan computer, yang dapat memancarkan sinar hologram. Sinar hologram tersebut mempunyai fungsi seperti menjadi screen display dan keyboard. 


Rangkuman.
Perkembangan  peradaban  manusia  diiringi  dengan  perkembangan  cara penyampaian  informasi  yang  dikenal  dengan  istilah  teknologi  informasi. Perkembangan  komputer  dibedakan  sebelum  tahun  1940  dan  sesudah  tahun 1940.  Sebelum  tahun  1940,  peralatan  komputer  atau  alat  hitung  masih sederhana.  Setelah  tahun  1940,  komputer  sudah  menggunakan  tabung  vacum dan  transistor  sebagai  komponen  utama  yang  digunakan  untuk  meningkatkan performa dari komputer tersebut.


sumber
http://shadowstechnique.blogspot.co.id/2015/09/sejarah-lahirnya-komputer.html
http://daelbdedy11.blogspot.co.id/

Post a Comment

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Previous Post Next Post