Komponen perangkat input

Perangkat Input
Perangkat  input  komputer  (  perangkat  masukan  atau  input  devices) adalah  perangkat  yang  digunakan  untuk  memasukkan  data  -  data  dan memberikan perintah pada komputer untuk digunakan pada proses lebih lanjut. Beberapa perangkat masukan tersebut adalah :

a.  Keyboard

Keyboard  merupakan  unit  input  yang  paling  penting  dalam  suatu pengolahan  data  dengan  komputer.  Keyboard  dapat  berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user  (pengguna)  untuk  melakukan  perintah-perintah  lainnya  yang diperlukan,  seperti  menyimpan  file  dan  membuka  file.  Penciptaan keyboard  komputer  berasal  dari  model  mesin  ketik  yang  diciptakan dan dipatenkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada tahun  1887  diproduksi  dan  dipasarkan  oleh  perusahan  Remington. Keyboard  yang  digunakanan  sekarang  ini  adalah  jenis  QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO  (International  Standar  Organization).Jumlah  tombol  pada keyboard  ini  berjumlah 104  tuts.Keyboard  sekarang  yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.
Jenis-Jenis Keyboard :
1.) QWERTY
2.) DVORAK
3.) KLOCKENBERG

Keyboard  yang  biasanya  dipakai  adalah  keyboard  jenis  QWERTY, yang  bentuknya  ini  mirip  seperti  tuts  pada  mesin  tik.  Keyboard QWERTY memiliki empat bagian yaitu :
1. typewriter key
2. numeric key
3. function key
4. special function key.

b.  Mouse

Mouse  adalah  salah  unit  masukan  (input  device).  Fungsi  alat  ini adalah  untuk  perpindahan  pointer  atau  kursor  secara  cepat.  Selain itu,  dapat  sebagai  perintah  praktis  dan  cepat  dibanding  dengan keyboard.  Mouse  mulai  digunakan  secara  maksimal  sejak  sistem operasi  telah  berbasiskan  GUI  (Graphical  User  Interface).  Sinyalsinyal listrik sebagai input device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di  dalam  mouse,  sesuai  dengan  pergeseran  atau  pergerakannya. Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan.  Saat ini mouse  dilengkapi  pula  dengan  tombol  penggulung  (scroll),  dimana letak  tombol  ini  terletak  ditengah.  Istilah  penekanan  tombol  kiri disebut dengan klik (Click) dimana penekanan ini akan berfungsi bila mouse berada pada objek yang ditunjuk, tetapi bila tidak berada pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan diabaikan. Selain itu terdapat pula  istilah  lainnya  yang  disebut  dengan  menggeser  (drag)  yaitu menekan  tombol  kiri  mouse  tanpa  melepaskannya  dengan  sambil digeser.  Drag  ini  akan  mengakibatkan  objek  akan  berpindah  atau tersalin  ke  objek  lain  dan  kemungkinan  lainnya.  Penekanan  tombol kiri  mouse  dua  kali  secara  cepat  dan  teratur  disebut  dengan  klik ganda (double click) sedangkan menekan tombol kanan mouse satu kali  disebut  dengan  klik  kanan  (right  click).  Mouse  terdiri  dari beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless.

c.  Touchpad

Unit  masukan  ini  biasanya  dapat  kita  temukan  pada  laptop  dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse.  Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.

d.  Light Pen

Light pen  adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan mendesain  gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor  yang  dapat  mengirimkan  sinyal  cahaya  ke  komputer  kemudian  direkam,  dimana  layar  monitor  bekerja  dengan  merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.

e.  Joy Stick dan Games Paddle

Alat  ini  biasa  digunakan  pada  permainan  (games)  komputer.  Joy Stick  biasanya  berbentuk  tongkat,  sedangkan  games  paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.

f.  Barcode

Barcode termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertikal yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka.Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik, buku dan lainnya. Sekarang ini, setiap kasir di supermarket atau pasar swalayan di Indonesia untuk mengidentifikasi  produk  yang  dijualnya  dengan  menggunakan barcode.

g.  Scanner

Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori  komputer.  Dari  memori  komputer  selanjutnya,  disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk.  Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat  pada  kertas  sedangkan  scanner  hasilnya  dapat  ditampilkan melalui  monitor  terlebih  dahulu  sehingga  kita  dapat  melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam  bentuk  file  text  maupun  file  gambar.  Selain  scanner  untuk gambar terdapat pula scan yang biasa digunakan untuk mendeteksi lembar  jawaban  komputer.  Scanner  yang  biasa  digunakan  untuk melakukan  scan  lembar  jawaban  komputer  adalah  SCAN  IR  yang biasa  digunakan  untuk  LJK  (Lembar  Jawaban  Komputer)  pada ulangan  umum  dan  Ujian  Nasional.  Scan  jenis  ini  terdiri  dari  lampu sensor  yang  disebut  Optik,  yang  dapat  mengenali  jenis  pensil  2B. Scanner yang beredar di pasaran adalah scanner untuk meng-copy gambar  atau  photo  dan  biasanya  juga  dilengkapi  dengan  fasilitas OCR (Optical Character Recognition) untuk mengcopy atau menyalin objek dalam bentuk teks.

Saat ini telah dikembangkan scanner dengan teknologi DMR (Digital Mark Reader), dengan sistem kerja mirip seperti mesin scanner untuk koreksi  lembar  jawaban  komputer,  biodata  dan  formulir  seperti formulir  untuk  pilihan  sekolah.  Dengan  DMR  lembar  jawaban  tidak harus dijawab menggunaan pensil 2B, tapi dapat menggunakan alat tulis  lainnya  seperti  pulpen  dan  spidol  serta  dapat  menggunakan kertas biasa.

h.  Camera Digital

Perkembangan  teknologi  telah  begitu  canggih  sehingga  komputer mampu menerima input dari kamera. Kamera ini dinamakan dengan Kamera  Digital  dengan  kualitas  gambar  lebih  bagus  dan  lebih  baik dibandingkan  dengan  cara  menyalin  gambar  yang  menggunakan scanner.  Ketajaman  gambar  dari  kamera  digital  ini  ditentukan  oleh pixel-nya.  Kemudahan  dan  kepraktisan  alat  ini  sangat  membantu banyak kegiatan dan pekerjaan. Kamera digital tidak memerlukan film sebagaimana  kamera  biasa.  Gambar  yang  diambil  dengan  kamera digital disimpan ke dalam memori kamera tersebut dalam bentuk file, kemudian  dapat  dipindahkan  atau  ditransfer  ke  komputer.  Kamera digital  yang  beredar  di pasaran  saat  ini  ada  berbagai  macam jenis, mulai  dari  jenis  kamera  untuk  mengambil  gambar  statis  sampai dengan  kamera  yang  dapat  merekan  gambar  hidup  atau  bergerak seperti halnya video.

i.  Mikrofon

Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang  akan  disimpan  dalam  memori  komputer  atau  untuk mendengarkan suara.

j.  Graphics Pads

Teknologi Computer Aided  Design (CAD) dapat membuat rancangan bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat dengan menggunakan Graphics  Pads.  Graphics  pads  ini  merupakan  input  masukan  untuk menggambar  objek  pada  monitor.  Graphics  pads  yang  digunakan mempunyai  dua  jenis.  Pertama,  menggunakan  jarum  (stylus)  yang dihubungkan  ke  pad  atau  dengan  memakai  bantalan  tegangan rendah, yang pada bantalan tersebut terdapat permukaan membrane sensitif  sentuhan  (  touch  sensitive  membrane  surface).  Tegangan rendah yang dikirimkan kemudian diterjemahkan menjadi koordinat X–  Y. Kedua, menggunakan bantalan sensitif sentuh ( touch sensitive pad)  tanpa  menggunakan  jarum.  Cara  kerjanya  adalah  dengan meletakkan kertas gambar  pada bantalan, kemudian  ditulisi  dengan pensil

c.  Rangkuman
Perangkat  input  komputer  (  perangkat  masukan  atau  input  devices) adalah  perangkat  yang  digunakan  untuk  memasukkan  data  -  data  dan memberikan perintah pada komputer untuk digunakan pada proses lebih lanjut. Contoh alat yang berfungsi sebagai media  input diantaranya keyboard, mouse, mikrofon,joystick, dll.


DAFTAR PUSTAKA
http://assets.hardwarezone.com/img/2014/05/led-keyboard.jpg
https://x3100.files.wordpress.com/2009/09/mouse.jpg
http://www.notebookcheck.net/fileadmin/_processed_/csm_lenovo_thinkpad_r61_touchpad_05_a317dab184.jpg
https://sixdec.files.wordpress.com/2010/10/lightpen.jpg
https://liesfors.files.wordpress.com/2014/02/metalstrike_3d_joystick_alap.jpg
https://wahyudwisetiawan3k2.files.wordpress.com/2012/09/barcodescanner.jpg
http://www.conrad.com/medias/global/ce/8000_8999/8800/8840/8840/884039_RB_00_FB.EPS_1000.jpg
http://images.forwallpaper.com/files/images/7/7211/7211519d/138002/camera-black-retro-digital-camera.jpg
http://www.pageresource.com/wallpapers/wallpaper/free-vintage-microphone-the-royalty-stock_140133.jpg
http://custompencilportraitsonline.com/images/tablet1.jpeg

Post a Comment

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Previous Post Next Post