Komponen perangkat output

Perangkat output
Perangkat  output  merupakan  perangkat  keras  komputer  yang  digunakan  untuk mengkomunikasikan hasil pengolahan data yang dilakukan  oleh komputer untuk pengguna. Beberapa perangkat output antara lain :
a.  Monitor
Komputer  biasanya  dihubungkan  pada  peranti  display,  juga  dikenal  sebagai monitor. Monitor ditunjukkan dalam Gambar 18. Monitor biasanya tersedia dalam tipe,  ukuran,  dan  karakteristik  yang  berbeda.  Ketika  membeli  komputer  baru, monitor biasanya harus dibeli terpisah.

Memahami karakteristik monitor  yang  baik  akan  membantu  dalam menentukan monitor terbaik untuk sistem yang spesifik.  Istilah berikut ini memiliki  kaitan erat dengan monitor.
•    Pixels
Elemen  gambar.  Tampilan  layar  terdiri  dari  pixel  atau  titik  kecil.  Pixel diatur  dalam  baris  melewati  layar.  Tiap  pixel  mengandung  tiga  warna, yaitu merah, hijau dan biru (RGB).

•    Dot Pitch
Ukuran seberapa dekat titik fosfor dalam layar. Semakin bagus dot pitchnya  maka  kualitas  tampilan  akan  lebih  baik.  Kebanyakan  monitor sekarang  ini  hanya  memiliki  0.25  dot  pitch.  Beberapa  memiliki  0.22  dot pitch yang memberikan resolusi yang bagus.

•    Refresh Rate
Tingkat  tampilan  layar  direfresh.  Refresh  rate  dihitung  dalam  hertz  (Hz) berarti  per  detik.  Semakin  tinggi  refresh rate, maka  tampilan  layar  akan semakin  stabil.  Kelihatannya  akan  seperti  gambar  diam  padahal sebenarnya  selalu  berkedip  tiap kali  elektron menabrak  dot/titik  berlapis fosfor.  Refresh  rate  juga  dinamakan  frekuansi  vertikal  atau  refresh  rate vertikal.

•    Color Depth
Nomer untuk warna yang berbeda dalam tiap pixel dapat ditampilkan. Hal ini diukur dalam bit. Semakin tinggi kedalamannya, mak a semakin banyak warna yang dapat dihasilkan.

•    Video RAM (VRAM)
Memori yang dimiliki oleh kartu video. Semakin tinggi VRAM dalam kartu video,  maka  semakin  banyak  warna  yang  bisa  ditampilkan.  Kartu  video juga mengirimkan sinyal refresh untuk mengontrol ref resh rate.

•    Resolution
Bervariasi tergantung nomer pixelnya. Semakin banyak pixel pada layar, resolusi akan semakin baik. Semakin tinggi resolusi berarti gambar akan semakin tajam. Resolusi layar terendah dalam PC modern adalah 640 x 480 pixel yang  dinamakan Video Graphic Array (VGA). Kini sudah hadir Super Video Graphics Array (SVGA) dan Extended Graphics Array (XGA) dengan resolusi mencapai 1600 x 1200.

•    Monitor screen sizes
Diukur dalam inci. Ukuran yang paling umum adalah 14”, 15”, 17” 19” dan 21”,  dihitung  diagonal.  Perhatikan  bahwa  ukuran  yang  tampak sebenarnya  lebih  kecil  dari  ukuran  yang  dihitung.  Hal  ini  dapat  diingat ketika akan mencari layar monitor untuk komputer.

•    Display Warna
Warna  diciptakan  dengan  mengubah-ubah  intensitas  cahaya  dari  tiga warna  dasar.  24  dan  32  bit  biasanya  merupakan  pilihan  untuk seniman grafis dan fotografer profesional. Untuk aplikasi yang lainnya, warna 16 bit akan  sudah  mencukupi.  Dibawah  ini  merupakan  rangkuman  dari kedalaman warna yang sering digunakan:
  • 256 warna – 8-bit warna
  • 65,536 warna  – 16-bit warna, juga dikenal sebagai 65K or HiColor
  • 16 million warna  – 24-bit warna, juga dikenal sebagai True Color
  • 4 billion warna  – 32-bit warna, juga dikenal sebagai True Color
Monitor  berkualitas  tinggi  dan  kartu  video  berkualitas  tinggi  diperlukan  untuk mendapatkan resolusi tinggi dan refresh rate yang tinggi pula.

b.  Printer

 Printer  adalah  perangkat  output  yang  digunakan  untuk  menghasilkan  cetakan dari  komputer  ke  dalam  bentuk  kertas.  Printer  dihubungkan  dengan  komputer melalui USB, selain itu printer juga harus dihubungkan dengan arus listrik. Saat  pertama  kali  disambungkan  ke  komputer,  kita  harus  menginstall  software driver  printer  agar  printer  itu  dapat  dikenali  oleh  komputer.  Ketajaman  hasil cetakan printer diukur dengan satuan dpi atau  dot per inch  yaitu banyakknya titik dalam  satu  inci.  Semakin  tinggi  dpi  sebuah  printer,  maka  semakin  tajam  hasil cetakannya.
Secara garis besarnya jenis-jenis printer sebagai berikut :
1. Dot Matrik,  printer jenis ini  menggunakan tinta jenis pita seperti yang terdapat pada mesin tik.
2. Inkjet, printer jenis ini menggunakan tinta cair atau liquid ink.
3. Laser printer,  printer jenis menggunakan tinta serbuk atau powder ink seperti bubuk gliter.

c.  Speaker

Speaker  adalah  perangkat  keras  untuk  menghasilkan  suara.  Jenis  lain  dari speaker adalah headset atau earphone. Kita dapat mendengarkan hasil keluaran berupa suara dari komputer melalui speaker

d.  Proyektor

Infocus atau  juga disebut proyektor merupakan alat digunakan untuk presentasi, yang dihubungkan ke  komputer untuk menampilkan apa yang ada pada monitor ke suatu screen (layar) ataupun dinding.

e.  Plotter

Plotter  adalah  media  cetak  seperti  printer  namun  memiliki  ukuran  yang  lebih besar serta kegunaan yang optimal untuk objek gambar.

Rangkuman
Perangkat output merupakan perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengkomunikasikan hasil pengolahan data yang dilakukan  oleh komputer untuk  pengguna.  Beberapa  jenis  peralatan  yang  termasuk  media  output diantaranya monitor, printer, proyektor, plotter.

Post a Comment

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Previous Post Next Post