Penjelasan singkat Liquid Cool

Liquid Cool

Gambar 1. http://www.digitalstorm.com/images/cryo-tec-05.jpg

   Liquid cooler akan membuat perangkat komputer yang terintegrasi menjadi 10% lebih dingin sehingga produksi panas bisa diatasi. Dengan begitu umur dari perangkat komputer juga akan lebih tahan lama. Kelebihan dari liquid cooler adalah tidak berisik ketika digunakan, bahkan hampir tanpa suara.

   Liquid cooling, sesuai dengan namanya adalah proses pendinginan processor dengan menggunakan komponen yang mengaplikasikan bahan cairan sebagai penyalur panas. Paling sederhananya, pengaplikasian bahan air biasa. Untuk proses pendinginan yang lebih ektrem lagi, menggunakan bahan cairan nitrogen, yang kemampuan pendinginannya mencapai angka di bawah 0 derajat celcius. Ini biasanya diaplikasikan untuk pendinginan dalam proses overclocking paling ekstrem.
  
   Implementasi komponen pendingin berbahan cairan, terutama dengan bahan air dibentuk dari dua bagian komponen utama, yakni base block yang bersentuhan langsung dengan processor sebagai penyerap awal panas processor, dan unit radiator yang dilengkapi fan untuk mendinginkan air yang telah menyerap panas tadi. Untuk aplikasi bahan nitrogen sendiri, memang tidak sampai menggunakan komponen radiator.

Previous Post Next Post