APLICATION LAYER

Setelah  kita  membahas  keenam  lapisan  sebelumnya,  sekarang  kita membahas  lapisan  paling  atas  dari  lapisan  OSI  yaitu  lapisan  aplikasi (Application layer). Protokol pada lapisan ini secara langsung melayani pemakai dengan memberikan pelayanan informasi yang tersebar yang berhubungan dengan aplikasi-aplikasi dan pengelolaannya.

Application  layer  terdiri  dari  bermacam-macam  protokol. Misalnya  terdapat  ratusan  jenis  terminal  yang  tidak  kompatibel  di seluruh  dunia.  Ambil  keadaan  dimana  editor  layar  penuh  yang diharapkan  bisa  bekerja  pada  jaringan  bermacam-macam  terminal, yang masing-masing memiliki  layout  layar yang berlainan, mempunyai cara  urutan  penekanan  tomnbol  yang  berbeda  untuk  penyisipan  dan penghapusan teks, memindahkan sensor dan sebagainya.

Suatu  cara  untuk  mengatasi  masalah  di  atas  adalah  dengan menentukan  terminal  virtual  jaringan  abstrak,  sehingga  editor  dan program-program lainnya dapat ditulis agar saling bersesuaian. Untuk menangani  setiap  jenis  terminal,  satu  bagian  software  harus  ditulis untuk  memetakan  fungsi  terminal  virtual  jaringan  ke  terminal sebenarnya. Misalnya, saat editor menggerakan kursor terminal  virtualke  sudut  layar  kiri,  software  tersebut  harus  mengeluarkan  urutan perintah  yang  sesusai  untuk  mencapai  kursor  tersebut.  Seluruh software terminal virtual berada pada Application layer.

Fungsi  Application  layer  lainnya  adalah  pemindahan  file. Sistem  file  ysang  satu  dengan  yang  lainnya  memiliki  konvensi penamaan  yang  berbeda,  cara  menyatakan  baris-baris  teks  yang

berbeda,  dan  sebagainya.  Perpindahan  file  dari  sebuah  sistem  ke sistem  lainnya  yang  berbeda  memerlukan  penganan  untuk mengatasi adanya  ketidakkomptibelan  ini.  Tugas  tersebut  juga  merupakan pekerjaan  Application layer, seperti pada saat surat elektronik,  remote jobentry,  directory  lookup  dan  berbagai  fasilitas  bertujuan  umum  dan fasilitas bertujuan khusus lainnya.

Dalam  Application layer wi, kita akan membahas DNS, yang akan menangani masalah penamaan di internet dan beberapa contoh aplikasi yang sering digunakan seperti: Email (electronic mail), WWW (Word Wide Web) dan Multimedia.

1. DNS (Domain name Server)

Pada  1984,  Paul  Mockapetris  memperkenalkan  sistem  data base terdistribusi yang dikenal dengan DNS. Dua puluh tahun lalu saat perkembangan internet mulai terlihat, timbul masalah baru untuk dapat menghubungi  sebuah  host  sebagai  tujuan,  karena  format  IP  yang berupa angka cukup sulit untuk diingat. Walaupun sebelumnya sebuah teknik  yang  menggunakan  file  HOSTS.TXT  sebagai  data  dari  nama komputer  (hostname)  telah  ada,  namun  hal  ini  tidak  fleksibel  ketika jumlah host di internet sudah melebihi angka 1000.

Format penamaan  host  di internet dibuat memiliki hirarki, yang skemanya  membentuk  tree.  Dimina  setiap  node  memilik  sebuah  tree subnode.  Node  yang  berlebel  dikenal  dengan  nama  domain.  Domain sendiri  berupa  hostname,  subdomain  atau  top  level  domain.  Domain teratas dinamakan root domain, yang ditulis dengan titik (“.”) atau juga dapat dihilangkan.

1.1 Ruang Nama DNS (Domain name Server)

Pada dasarnya, internet dibagi menjadi beberapa ratus domain tingkat atas, yang masing-masing domain tersebut meliputi jumlah  host. Setiap  dimain  dibagi-bagi  lagi  menjadi  beberapa  subdomain,  dan  sub domain  inipun  dibagi-bagi,  dan  seterusnya.  Keseluruhan  domain tersebut  dapat  dinyatakan  dalam  bentuk  diagram  pohon  (1).  Daun diagram  pohon  menyatakan  domain  yang  tidak  memiliki  sub  domain. Domain  daun  dapat  terdiri  dari  sebuah  komputer,  atau  dapat  juga mempresentasikan sebuah perusahaan dan terdiri dari ribuan host.
Domain tingkat tinggi terdiri dari dua jenis yaitu generik dan negara. Domain generik adalah com (commercial), edu (education), gov (government), mil (militer), net (network) dan org (organization). Domain negara meliputi satu entry untuk setiap negara, misal .jp (untuk negara Jepang).

Nama domain tidak membedakan membedakan penulisan huruf besar atau huruf kecil dan setiap komponen dalam domain ini dipisahkan oleh titik yang disebut dot. Misalnya, bila departemen ilmu komputer dan teknik elektro yang berlokasi di bangunan yang sama dan memakai LAN yang sama, maka keduanya keduanya dapat memiliki domai yang berbeda.

1.2 Record-record Sumber Daya

Setiap domain,apakah itu berupa host tunggal atau domain tingkat atas, dapat dapat memiliki sekumpulan record-record sember daya, yang berkaitan dengan domain-nya. Pada host tunggal, record sumber daya yang umum ditemukan hanya berupa alamat IP-nya saja, namun banyak jenis record sumber daya lainnya juga.

Suatu record sumber daya terdiri dari lima tuple. Walaupun recordrecord ini dienkodekan secara biner dengan tujuan efisiensi, pada sebagian besar eksposisi record-record sumber daya dinyatakan sebagai teks ASCII, satu baris per record sumber daya.

Format yang digunakan adalah:
Domain_name    Time_to_live    Type    Class
    Value

Domain_name menyatakan domain kemana record ini diterapkan. Umumnya, terdapat banyak record untuk setiap domain dan setiap salinan database yang menyimpan informasi tentang domain yang berjumlah banyak. Field ini merupakan kunci pencarian yang utama digunakan untuk memenuhi operasi query.

FieldTime_to_alive mengindikasikan tentang kestabilan record. Informasi yang sangat stabil diberi nilai yang besar, misalnya 86400 (jumlah detik dalam 1 hari). Informasi yang sangat mudah hilang diberi nilai rendah, misalnya 60 (1 menit).

FieldType menyatakan jenis record. Tabel 1 di bawah ini memperlihatkan beberapa tipe yang digunakan dalam DNS.

 Tabel 1 Beberapa type yang digunakan dalam DNS


Record  SOA menyatakan nama sumber informasi utama tentang zone name server alamat email administratornya, nomor seri yang unik dan berbagai flag sertatime out.Jenis  record  yang penting adalah A (Address). Bagi  sebagian  host,  record  ini  merupakan  alama  IP  32   bit.  Setiap  hostinternet  sedikitnya  harus  memiliki  alamat  IP,  sehingga  komputer  lainnya dapat berkomunikasi dengannya.

Jenis  record  yang  berikutnya  adalah  record  MX.  Record  ini menspesifikan nam domain yang telah dicadangkan untuk menerima email dari  domain  tertentu.  Penggunaan  record  ini  secara  umum  adalah  untuk memungkinkan  komputer  yang  tidak  berada  di  internet  untuk  menerima email dari situs-situs internet.

Record  NS menyatakan  nama server. Misalnya, umumnya setiap data base DNS memiliki sebuah  record  NS untuk setiap domain atasnya, sehingga email dapat dikirimkan ke bagian diagram pohon penamaan yang letaknya berjauhan.

Record  CNAME  menizinkan  alias-alias  untuk  dibuat.  Misalnya, seorang  yang  sudah  mengenal  penamaan  internet  seacra  umum  yang ingin mengirimkan pesan kepada seseorang yang mempunyai nama login Paul  di  departemen  ilmu  komputer  MIT  dapat  memperkirakan  bahwa alamat email paul@cs.mit.edu akan berlaku.

Record  PTR  merupakan  jenis  data  yang  diinterpretasikan berdasarkan pada konteks dimana PTR tersebut berada dan menunjuk ke nama  lain.  Record  HINFO  mengizinkan  orang  untuk  menentukan  jenis komputer  dan  sistem  operasi  domain  yang  bersangkutan.  Dan  terakhir adalah  record  TXT  yang  mengijinkan  domain-domain  untuk mengidentifikasikan dirinya dengan sembarang cara.

Kembali  ke  struktur  umum  record-record  sumber  daya,  fieldkeempat setiap record sumber daya adalah Class. Untuk informasi internet, record ini selalu berisi IN. Untuk  field yang terakhir adalah field Value. Fieldini  dapat  berupa  bilangan,  nama  domain  atau  string  ASCII.  Semantiknya tergantung pada jenis record.

1.3 Name Server

Untuk  menghindarkan  masalah  yang  berkaitan  dengan  hanya tersedianya  sebuah  sumber  informasi  saja,  ruang  nama  DNS  dibagi menjadi  zona-zona  yang  tidak  saling  bertumpang  tindih.  Salah  satu  cara untuk membagi ruang nama ditunjukan pada Gambar 2.


Setiap zona terdiri dari beberapa bagian diagram pohon dan juga terdiri dari names server yang memegang informasi authoriatatif tentang zona tersebut. Penempatan zona ditentukan oleh administrator zona itu. Keputusan ini sebagian besar didasarkan pada jumlah name server yang diinginkan dan juga lokasinya. Misalnya , pada Gambar 2, Yale memiliki server untu yale.edu yang menangani eng.yale.edu tapi tidak untuk cs.yale.edu, yang merupakan ona terpisah dari name server-nya.

2 .Email

Kehadiran internet tidak disangkal lagi telah membawa revolusi pada cara manusia melakukan komunikasi. Dengan internet, kendala ruang atau jarak berkomunikasi telah banyak diatasi. Sebelumnya dengan fasilitas yang ada sebenarnya kita sudah bisa mengatasi masalah jarak. Telepon, sebagai contoh, adalah fasilitas yang muemungkinkan kita bisa berkomunikasi ke mana saja di dunia ini. Akan tetapi kenyataan bahwa pulsa telpon interlokal atau internasional sangat mahal akhirnya menjadikan fasilitas tersebut tidak optimal digunakan. Dengan kata lain, segala sesuatu yang muncul sebagai efek dari komunikasi melaluinya hanya tinggal sebagai potensi saja. Dengan adanya internet, manusia dihadapkan pada sebuah kemungkinan di mana komunikasi ke mana saja dengan biaya murah dapat diselenggarakan. Kemungkinan yang dapat timbul sebagai akibatnya tentu bisa sangat luas.

Salah satunya layanan komunikasi melalui internet adalah email, atau electronic mail. Yang kita lakukan bila kita berkomunikasi menggunakan e-mail adalah mengetikan pesan yang akan kita kirim pada program komputer yang dikhususkan untuk keperluan ini (email client), seperti Outlook Express, Netspace Communicator, Eudora, dan lain-lain. Kemudian pesan yang telah selesai disusun kita kirimkan, setelah sebelumnya kita menghubungkan kita dengan internet. Biasanya bersamaan dengan mengirim, kita juga sekaligus mengecek apakah ada pesan yang ditujukan ke alamat kita. Setelah itu kita bisa memutuskan hubungan dengan internet.

Karena pengirimna dan penerimaan e-mail ternyata berjalan sangat cepat dan efisien, akhirnya orang berpikir untuk mencari berbagai kemungkinan komunikasi yang bisa dikembangkan melalui medium ini, seperti apa yang disebut distribution list, dan discussion list. Bahkan di antara mereka yang sering menggunakan email telah berkembang konvensi-konvensi pergaulan tertentu, yang sangat penting untuk diketahui oleh para pemula, seperti netiquette, smiley / emoticon, avatar / nickname, dan sebagainya. Akhirnya dengan semakin canggihnya program email yang digunakan, semakin terbuka pula kemungkinan yang lebih luas. Dewasa ini semua email clients mampu menyertakan file pada email yang dikirimkan, sebagai attachment atau lampiran. Ini berarti yang dikirmkan oleh emial bukan hanya tulisan, tapi bisa juga suara, gambar, bahkan gambar bergerak.

Tidak ada medium komunikasi yang sempurna. Demikian pula dengan email. Apa yang sebenarnya terjadi adalah pertukaran tulisan elektronik diantara mereka yang memiliki alamat email. Ketidaksempurnaannya adalah bahwa semua itu hanya berupa tulissan ! Akan tetapi justru pada ketidaksempurnaan itulah letak kelebihannya. Yang harus segera di sadari kemudian adalah bahwa akhirnya kita akan harus menghargai orang lain yang lebih karen pikirannya, gagasannya. Bukan karena faktor-faktor lain yang kurang esensial bagi timbulnya sebuah intellectual discourse yang demokratis dan hal yang tentu sangat didambakan oleh publik perguruan tinggi. Demi kemajuan pendidikan dan ilmu pengetahuan di Indonesia maka harus dikatakan bahwa keberadaan internet di suatu perguruan tinggi adalah conditio sine qua non. Tidak bisa tidak

Electronic  mail  yang  sering  disebut  email  merupakan  salah  satu fasilitas  atau  aplikasi  yang  paling  banyak  digunakan  di  internet.  Email merupakan  alat  komunikasi  paling  murah  dan  cepat.  Dengan  email  kita dapat  berhubungan  dengan  siapa  saja  yang  terhubung  di  enternet  di seluruh  dunia  dengan  biaya  pulsa  lokal.  Email  menggeser  penggunaan telepon dan fax dimas kini.

Konsep  email  adalah  seperti  kita  mengirim  surat  dengan  pos biasa,  dimana  kita  mengirm  ke  kantor  pos  dengan  diberi  alamat  yang dituju. Dari kantor pos tersebut akan disampaikan ke kantor pos terdekat dengan alamat yang dituju dan akhirnya sampai ke alamat tersebut. Dan penerima  hanya  membuka kotak  posnya  saja  yang  ada  di  depan  rumah. Pengirim  tidak  tahu  apakah  orang  yang  dituju  tersebut  sudah  menerima surat tersebut atau belum, langsung dibals atau tidak.

Dengan  email  data  dikirim  secara  elektronik  sehingga  sampai  di tujuan  dengan  sangat  cecat.  Selain  itu  juga  dapat  dikirim  file-file  berupa program, gambar  dan  aplikasi  lainnya.  Kita  juga  dapat  mengirim ke  lebih satu orang dalam waktu bersamaan.

Untuk  bisa  mendapat  alamat  email  ini,  kita  harus  membuatnya melalui  salah  satu  web  yang  ada  di  internet  atau  lewat  ISP  yang  ada. Kemampuannya  menyusun,  mengirim  dan  menerima  e-mail  telah  ada sejak  masa  APRANET  dan  sangat  populer.  Banyak  orang  mendapat kiriman  e-mail  setiap  harinya  dan  menganggap bahwa  e-mail  merupakan cara  yang  efektif  dalam  berkomunikasi  dengan  orang  di  luar lingkungannya, dibangding dengan tellepon maupun mengirim surat.

Untuk mengirim email dibutuhkan program email yang terdapat di Internet Exploler atau Netspace Navigator. Di internet juga banyak tersedia fasilitas  yang  memungkinkan  kita  untuk  saling  berbagi  informasi  dengan orang  lain  mengenai  topik-topik  tertetu.  Jika  kita  bergabung  dengan anggota  mailing  list  kita  bisa  menrima  dan  mengirim  email  ke  semua anggota.

Dengan  menggunakan  email  seseorang  bisa  degan  mudah berhubungan dengan orang lain secara cepat. Bayangkan dengan cara ini, seorang siswa atau mahasiswa dapat dengan mudah berhubungan dengan guru  atau  dosen  di  luar  negeri  tanpa terhalang ruang  dan  waktu.  Artinya seorang  siswa  atau  mahasiswa  dapat  menimba  ilmu  yang  terkait  denga internet dan tidak harus tergantung dengan guru atau dosen yang ada di lingkungan universitas atau sekolah terdekat.

Pengriman  email  yang  lebih  cepat  dapat  dilakukan  dengan menggunakan  Simple  Mail  Transfer  Protocol  (SMTP).  Untuk  masalah  ini, setelah  surat  dibuat,  server  mail  dengan  segera  membangun  hubungan dengan  alamat  tujuan  dan  mengkiirimkannya.  Unutk  mengirimkan  pesan melalui  email,  seorang  user  hanya  membutuhkan  informasi  alamat penerima, yang terdir dari nama dan alamat. Bagian nama digunakan userid dan tempat adalah  domain name  dari komputer yang dituju. Simbol @ digunakan  untuk  memisahkan  kedua  bagian  ini.  Jika  seorang  user  ingin mengirimkan  email  kepada  seseorang  pada  komputer  yang  sama,  maka user  tersebut  tak  perlu  memberikan  domaine  name,  karena  komputer secara otomatis akan menyampaikan pemakai lokal dengan ID tersebut.

Email terdiri dari tiga bagian yang berbeda, yaitu header, isi pesan dan  tanda  tangan.  Bagian  header  digunakan  untuk  mengetikan  alamat pengirim,  alamat  penerima,  tanggal  dan  waktu  pesan  dikirim,  ID  yang digunakan  oleh  program  email  dan  subyek  email  tersebut.  Bagian  kedua terdiri  dari  isi  pesan  yang  ingin  disampaikan.  Aturan  umum  di  internet adalah  menghindari  pengiriman  pesan  lebih  dari  64  KB.  Bagian  ketiga adalah  tanda  tangan.  Tanda  tangan  tersebut  dibuat  dengan  gambar  dari simbol karakter ASCII.

2.1 Program Email

Program komputer yang digunakan untuk mengirim dan menerima email  sangat  banyak  pilihannya.  Barangkali  bisa  diusahakan  suatu pembahasan umum yang menyangkup hal-hal mendasar yang dimiliki oleh setiap  email  client  tersebut,  akan  tetapi  jauh  lebih  baik  bila  kita  merujuk pada satu email client tertentu supaya kita bisa punya orientasi yang sama. Oleh  karena  itu  dari  awal  saya  ingin  menetapkan  bahwa  program  email yang akan  dirujuk di sini adalah Outlook Express buatan Microsoft. Mulai dari versi 3, 4.1, 5.0, dan 5.1  email client  yang populer ini memiliki prinsip penggunaan dasar yang sama.

Sebagai catatan, dari berbagai forum diskusi atau milis mengenai komputer  serta  informasi  yang  tersebar  di  internet  diperoleh  informasi bahwa  Outlook  Express  ternyata  sering  menunjukan  error  bug  bila pemrograman  ini  digunakan  untuk  multipleaccount  dan  menerima  email dalam jumlah banyak. Akan tetapi bila penggunanya hanya single account, email  client  ini  cukup  stabil.  Memang  harus  diakui  bahwa  tidak  ada program  komputer  yang  sempurna.  Oleh  karena  itu  patut  pula dipertimbangkan  email  client  alternatif  seperti  Eudora  Pro,  Eudora  Light, Becky,  Calypso,  QuickMail  Pro,  The  Bat!,  dan  lain-lain.  Masing-masing program memiliki kelebihan sendiri-sendiri dengan fitur yang berbeda-beda. Semuanya dapat dicari dan diambil secara gratis di internet melalui alamat seperti: www.download.com.

2.2 Cara Kerja Email

Sama  halnya dengan surat biasa yang harus melewati beberapa kantor pos sebelum sampai ke tujuannya, begitu dikirimkan oleh seseorang melalui  komputer  yang  tersambung  ke  internet  sebuah  email  masuk  ke beberapa  Computer  lain  di  sepanjang  jaringan  internet.  Komputerkomputer itu disebut dengan email server. Ketika email tersebut sampai ke server  yang  menjadi  tujuan  seperti  ditunjuk  pada  alamat  email  kepada siapa kita menulis email, email tersebut disimpan pada sebuah mailbox.

Si  pemilik  alamat  emailbaru  bisa  mendapat  email  itu  kalau  yang bersangkutan  mengecek  emailbox-nya.  Jadi,  tidak  benar  kalau dibayangkan bahwa untuk bisa menerima email kita harus terhubung terus menerus ke internet.

Untuk  bisa  menerima  email  kita  mesti  memiliki  sebuah  accountpada  suatu  email  server,  yang  tentu  berada  pada  sebuah  ISP  (Internet Service  Provider).  Ini  sama  dengan  bila  kita  memiliki  alamat  rumah  kita. Hanya  bedanya,  bila  pada  snail  mail  kita  hanya  bisa  menerima  surat manakala  kita  berada  di  alamat  kita,  sedangkan  pada  email,  kita  bisa menerimanya di mana saja kita berada.

Hal ini bisa dilakukan karena bila kita bisa menghubungi sebuah email server&\  mana kita punya accaount email, maka kita bisa mengambil atau mendownload semua email yang dirujukan kepada alamat email yang ita  miliki.  Untuk  itu  kita  mesti  memperhatikan  protokol  penerimaan  dan pengiriman  email.  Protokol  di  sini  maksudnya  sebuah  prosedur  standar untuk  mengatur  transmisi  data  di  antara  komputer-komputer.  Untuk pengiriman,  protokolnya  sama  dengan  SMTP,  singkatan  dari  Simple  Mail Transfer  Protocol.  Setiap  mail  server  memiliki  SMTP  dan  POP  yang berbeda-beda.

Bila kita bisa menguasai cara menghubungi SMTP dan POP dari lokasi yang berbeda, sebenarnya ini bisa mengatasi masalah kepemilikan komputer dan koneksi internet. Bila kita tidak memiliki sendiri komputer dan koneksi  internet  ,  kita  masih  bisa  men-download  email  yang  ditujukan kepada alamat email kita. Alternatif untuk itu misalnya menggunakan  email client  yang bisa menangani lebih dari satu  account  (multiple  account) bisa saja  kita  nebeng  komputer  teman  atau  komputer  kampus  atau  mendownload  email  di  cybercafe  atau  rental-rental  komputer  yang  kini bertebaran di mana-mana.

2.3 Anatomi Alamat Email

Bilamana kita membaca alamat sebuah surat biasa, kita bisa membayangkan  seberapa  jauh  lokasi  si  pengirim  surat  dari  kita. Pertanyaannya adalah, apa yang bisa kita pahami dari sebuah alamat email  ?  Alamat  email  terdiri  dari  dua  bagian  yang  dipisahkan  dengan tanda axon / @. Misalnya alamat:kris_andri@yahoo.com

Di  sebelah  kiri  @  disebut  user  name  (kris_andri),  yang menunjuk pada identitas si pemilik email.  User name  bisa merupakan nama si pemilik, singkatan nama,  nickname, nomor atau apapun juga. User  name  juga  menjadi  nama  emailbox  yang  dimiliki  seseorang  di sebuah mail server.

Di  sebelah  kanan  @  (yahoo.com)  disebut  juga  domain name,yang  menunjukan  identitas  mail  server  di  mana  seorang  user memiliki  mailbox.  Domain  name  biasanya  menunjukan  nama perusahaan  atau  organisasi  pemilik  sebuah  account.  Misalnya, liputan6@sctv.co.id  (crew  acara  liputan6  di  SCTV),  ylbhi@ylbhi.org (yayasan  Lembaga  Bantuan  Hukum  Indonesia), kompas@kompas.com(Surat Kabar Harian Kompas).

Selain itu, dari bagian paling belakang dari sebuah email kita bisa  memperoleh  beberapa  dugaan  mengenai  pemiliknya.  Misalnya.com, biasanya ini dimiliki oleh perusahaan komersial atau usaha bisnis lainnya, .edu, biasanya menunjukan bahwa pemiliknya adalah sebuah universitas  atau  institusi  pendidikan,  seperti  humas@maranatha.edu, gov, dimiliki oleh instansi pemerintah, mil, dimiliki instansi militer.

Bagi  email  server  yang  letaknya  di  luar  Amerika,  seringkali alamatnya diberi identitasnya sesuai nama negaranya. Sebagai contoh id (Indonesia), au (Australia), uk (United Kingdom), nz (New Zaeland), dan sebagainya.

2.4 Mekanisme Email

Dalam  perkambangannya,  email  ternyata  tidak  hanya  seperti yang  dideskripsikan  pada  keterangan  di  atas.  Lebih  rinci,  dari mekanisme  pengiriman  dan  penermaannya  terdapat  beberapa  jenis sebagai berikut:

1.  POP Email
Email  jenis  ini  adalah  persis  seperti  yang  dijelaskan  pada  bagian  di atas. POP singkatan dari  Post Office Protocol.  Jadi, jalan yang dilalui sebuah email mirip dengan yang dialami oleh sebuah surat biasa yang mesti  melewati  beberapa  kantor  pos  perantara  sebelum  akhirnya sampai  ke  tujuan.  Akan  halnya  dengan  email,  sebuah  email  akan melewati beberapa komputer yang berperan sebagai  router  atau  email server, sebelum akhirnya tiba pada  email server  yang ada pada ISP di mana alamat email kita terdaftar.

2.  Web Base Email
Web Base Email, atau email berbasis  web  dikembangkan dengan tujuan  untuk  memberikan  jasa  email  kepada  orang  yang  memiliki akses internet, tetapi tidak memiliki  accountemail sendiri, atau yang dimiliki bukan akses ke email server,tapi ke sebuah web server. Jadi,  orang  yang  akan  mengirmkan  email  pertama-tama  harus mengikuti  prosedur  untuk  membuat  sebuah  accountemail  yang pada umumnya disediakan secara gratis. Setelah selesai kita akan memiliki  sebuah  accountemail  dengan  username  yang  telah  kita tentukan dan  domain name  yang sudah ditetapkan oleh si pemberi jasa  email  gratis  ini,  termasuk  dengan  password.  Bila  kita  akan menulis sebuah email, email tersebut tidak ditulis pada  email clientyang  konvensional  tapi  pada  sebuah  kolom  /  halaman  tersebut sudah  lengkap  tersedia  bagian-bagian  yang  bisa  diklik,  untuk mengirimkan, menyimpan, dan sebagainya.

Bila  kita  akan  mengecek  apakah  ada  email  yang  ditujukan  untuk kita, maka kita akan harus ke bagian  inbox  yang tentu di sediakan di  halaman  tertentu  di  website  yang  memberikan  jasa  email semacam ini. Sekali lagi, emuanya tidak menngunakan  email client, seperti yang dituliskan diatas, tapi fasilitas yang dibuat khusus pada sebuah  website.  Contoh  untuk  ini  banyak  sekali,  seperti hotmail.com,  yahoo.com,  mailexcite.com,  astaga.com,  dan sebagainya.

3. E-mail Forwarder
Email Forwarder adalah sebuah fasilitas yang dulu banyak tersedia secara  gratis,  tapi  kini  sudah  banyak  yang  komersial,  dalam  arti menuntut kita untuk membayar sejumlah uang tertentu.

Pengertian  email  forwarder  adalah  sebuah  cara  untuk  membuat alias  dari  alamat  email  kita  yang  sebenarnya.  Orang  menggunakan email forwarder dengan berbagai macam alasan. Mungkin alamat email yang  sebenarnya  dirasakan  ter-lalu  jelas  menunjukkan  identitas seseorang,  seperti  ISP  yang  digunakan,  atau  negara  asal  pengirim. Alasan  lain  boleh  jadi  adalah  bila  seseorang  ingin  anonym  dalah sebuah  forum  dis-kusi  tertentu,  atau  mungkin  menggunakan  sebuah email forwarder dan dengan identitas yang sama sekali lain.

2.5 Format Email

Pengertian format isi di sini adalah bagaimana penampakan visual sebuah pesan email. Ada dua macam yaitu :

1.  Plain Text

Dengan  plain  text,  dimaksudkan  bahwa  tulisan  yang  kita  ketikkan hanya berupa data dalam format ASCII (American standart code for information interchange). Tulisan yang disajikan dalam format plain text  sama  sekali  tidak  memungkinkan  kita  untuk  membuat modifikasi  pada  tampilan  visualnya,  seperti  membuat  tebal,  atau membuat miring sebuah teks, mengganti warna, ukuran huruf, latar belakang, atau membubuhkan hiasan-hiasan tertentu.

2.  HTML
HTML  singkatan  dari  Hypertext  Mark-up  Language,  yaitu  sebuah bahasa  standar  yang  digunakan  untuk  menampilkan  /  mengatur tampilan  materi-materi  informasi  di  internet.  E-mail  yang  ditulis dengan  menggunakan  format  HTML  akan  memungkinkan  isinya isinya  disusun  secara  variatif,  mulai  dari  pengaturan  huruf,  warna layout, sampai peletakan gambar.

Seringkali  bila  kita  mengirim  email  ke  sebuah  forum  diskusi/milih ada  himbauan  untuk  hanya  mengirimkan  email  dalam  format plaintext  saja.  Hal  ini  disebabkan  biasanya  email  dalam  format HTML  memiliki  ukuran  yang  lebih  besar  dari  yang   berformat plaintext.  Alasan  lain  adalah  karena  tidak  semua  orang  dalam sebuah  milis  menggunakan  email  client  yang  bisa  menampilkan HTML,  sehingga  ketika  sebuah  email  tidak  bisa  dipahami  sama sekali.  Sebenarnya  hampir  semua  email  client  dewasa  ini  sudah mendukung  format  HTML,  sehingga  kini  jarang  ditemui  keluhan seseorang yang tidak bisa membaca sebuah email, hanya karena email yang dibacanya itu dibuat dalam format HTML. Banyak orang yang  memang  tidak  peduli  apakah  plaintext  atau  HTML,  tapi pertanyaannya; bila dengan format yang sederhana saja sudah bisa menyampaikan pesan, mengapa mesti dengan HTML ?

2.6 Variasi Email

Dalam  beberapa  hal  email  memang  meniru  surat  biasa  meskipun jelas  email  memiliki  banyak  kelebihaan  lain.  Ini  terlihat  jelas  pada kemungkinaan bentuk komunikasi yang bisa dilakukan dengan email.

Sekurang-kurangnya ada lima macam, yaitu : point to point, carbon copy, distribution list dan discussion list.

1.  Point To Point
Maksudnya adalah mengirimkan email langsung ke sebuah alamat tertentu.  Di  Indonesia  terdapat  kesepakatan  diantara  yang  sering berkirim  email  bahwa  cara  ini  dinamakan  japri,  singkatan  dari idurpribadi.

2.  Carbon Copy (CC)
Pengertian  carbon,  di  sini  analog  dengan  bila  kita  mengetik  surat (dengan  mesin  tik  konvensional!)  menggunakan  kertas  karbon untuk  mendapatkan  salinannya.  Maksudnya  adalah  sebuah  email, selain  ditujukan  ke  sebuah  alamat  utama  juga  dikirimkan tembusannya  ke  alamat  lain.  Biasanya  alamat  utama  kita  tuliskan pada  bagian  yang  diawali  “TO”,  sedangkan  alamat  tembusannya kita tuliskan pada bagian.

3.  Blind Carbon Copy (BCC)
Ini  adalah  variasi  dari  CC.  Orang  yang  menerima  email  yang alamatnya  dituliskan  pada  bagian  “TO”  oleh  si  pengirim,  bisa melihat  kepada  siapa  atau  kepada  alamat  email  mana  saja  email tersebut dikirimkan sebagai tembusan. Ini karena ia bisa langsung melihat  pada  bagian  “CC”.  Kadang-kadang  ada  kebutuhan  untuk mengirimkan sebuah email kepada alamat orang lain. Untuk itulah digunakan BCC. Beberapa email client menyediakan bagian “BCC”, selain “TO” dan “CC”. Pada Outlook Express ver.501 bagian BCC baru  bisa  tampak  bila  kita  masuk  ke  sebuah  email  baru  dan mengklik pilihan view dan all headers.

4.  Distribution List
Pengertian distribution list agak berbeda dengan tiga varian bentuk sebelumnya,  karena  ini  lebih  berkenaan  dengan  aturan  distribusi email  yang  dilakukan  secara  eksternal,  arti-nya  tidak  terintegrasi dengan email ‘client’ yang digunakan.

Yang  dimaksud  dengan  distribution  list  adalah  sebuah  caara komunikasi  dengan  menggunakan  email  secara  satu  arah. Biasanya  ini  dibuat  oleh  orang  yang  berkepentingan  untuk menyebarluaskan  informasi  tertentu  (  pengumuman,  barita  harian, update mengenai perkembangan suatu proyek, bulletin, jurnal, dan sebagainya),  akan  tetapi  tidak  mengharapkan  adanya  respon  dari para  penerima  emailnya.  Untuk  itu  yang  harus  dilakukan  adalah membuat  sebuat  ajamat  tertentu  khusus  untuk  keperluan  ini.  Bila pengelola  distribution  list  mengirimkan  sebuah  email  ke  alamat tersebut, maka alamat itu akan mem-forward email tadi ke semua alamat  email  yang  menjadi  pelanggan  (subscriber)dari  distribution list.

Untuk menjadi pelanggan, biasanya para calon  pelanggan diminta untuk  mengikuti  prosedur  tertentu  yang  ditetapkan  oleh  si pengelola. Bisa pula si pengelola yang memasukkan alamat email mereka ke database pelanggan secara manual.

5.  Disccussion List
Disccussion list seringkali juga disebut mailing list atau lebih popular

dengan  milis.  Pengertiannya  hampir  sama  dengan  discussion  list hanya  memungkinkan  siapa  saja  yang  tergabung  menjadi subscriber  untuk  mengirimkan  respon  terhadapat  sebuah  email. Akan  tetapi  belum  tentu  semua  orang  bisa  begitu  saja  mengikuti sebuah  milis.  Kadang-kadang  ada  milis  untuk  kalangan  yang terbatas, sementara banyak yang terbuka untuk siapa saja.

Untuk  dapat  bergabung  ke  dalam  sebuah  milis  pertama-tama seseorang  mesti  melakukan  proses  subscription  (mendaftar) dengan  suatu  prosedur  tertentu.  Seringkali  proses  ini  tidak memelurkan  intervensi  seorang  administrator  yang  menge-lola milih, baik untuk menyetujui atau menolak permohonan.

Menjadi anggota mills. Mills yang seperti itu tentu adalah sebuah milis yang terbuka bagi siapa saja untuk bergabung.

Akan  tetapi  kadang-kadang  ada  juga  milis  yang  mempersyaratkan  calon anggota  untuk  memberikan  keterangan  mengenai  jati  dirinya  sebelum permohonan  bergabung  disetujui.  Bila  seseorang  administrator  milis menyetujui  permohonan  untuk  bergabung,  biasanya  tak  lama  kemudian akan  dikirimkan  informasi  mengenai  tatacara  pengiriman  email  dan keterangan-keterangan  lainnya  tentang  milis  tersebut;  tujuan  milis,  yang boleh  dilakukan  dan  yang  tidak  boleh  dilakukan,  cara  keluar  dari  milis, alamat email administrator, dan sebagainya.

2. WWW (World Wide Web)

World Wide Web adalah aplikasi yang paling menarik di internet dan seperti email. Aplikasi ini sangat penting dan banyak sekali digunakan. Dari WWW ini kita bisa mendapatkan informasi tidak hanya teks tetapi juga gambar maupun multimedia. Informasi yang diletakan di WWW disebut dengan homepage dan setiap homepage mempunyai alamat masingmasing.

Untuk dapat menarik perhatian pengguna sehingga pengguna akan sering  mengunjungi  omepage  ini,  maka  homepage  harus  dirancan semenarik  mungkin  dan  banyak  terdapat  informasi  yang  jelas.  Nantinya masalah homepage atau WWW ini akan diulas suatu system secara rinci dalam  bab-bab  berikutnya. WWW  terdiri  dari  2  bagianyang  utama  yaitu  : Server  Web  .  Komputer  dan  software  yang  menyimpan  dan mendistribusikan  data  ke  computer  lain  lewat  internet  yang  meminta informasi tersebut.

Browser  Web.  Software  yang  beroperasi  di  seetiap  computer pribadi  (client)  yang  meminta  informasi  dari  srver  web  dan menampilkannya  sedemikian  rupa  sehingga  datanya  dapat  langsung diakses.

Untuk  menggunakan  WEB,  setiap  orang  memerlukan  komputer dengan  software  browser  web  dan  modem  yang  terpasang.  Setelah browser  we  dijalankan,  komputer  berhubungan  dengan  penyelenggara layanan  internet  (internet  service  provider-  ISP)  yang  sebelumnya  telah memiliki langganan. Browser  \a  \  \i diberi dengan cara mengirimkan suatu halaman  informasi  .  Halaman  ini  bisa  berupa  tulisan  dengan  berbagai ukuran,  gambar,  atau  gabungan  antara  keduanya.  Ada  beberapa  tulisan dan  gambar  yang  berwarna  lain  atau  digaris  bawahi  yang  menunjukan bahwa ada informasi lanjutan di dalamnya . Yang dibutuhkan setiap orang agar  bisa  mendapatkan  informasi  lanjutan  tersebut  adalah  dengan  cara mengarahkan  mouse  dan  meng-kliknya,  dan  remote  server  weeb  akan merespon  dengan  cara  mengirimkan  informasi  yang  sesuai  pula.  Selain tulisan dan gambar, informasi yang bisa ditampilkan atau dilakukan adalah:

. Film dan animasi
. Gambar bergerak
. Dokumen suara dan suara tepat waktu
. Database dan katalog
. Program yang langsung dapat dijalankan dari komputer
. Kesempatan untuk mengirimkan informasi kepada pemilik situs web

World  Wide  Webbarangkali  bisa  menjadi  lonjakan  informasi  yang sangat  berpengaruh  disbanding  TV  sejak  internet  menunjukan  hal  itu adalah  benar.  Semakin  banyak  orang  dapat  mengakses  Web  lewat layanan online atau langsung lewat ISP, banyak pula organiasi akan lebih focus  dengan  menggunakan  Web  untuk  mempertahankan  pelanggannya tetap  bisa  menerima  informasi  tentang  informasi-informsi  produk  baru,, melakukan transaksi bisnis, dan menyelenggarakan layanan konsumen.

Sejarah  munculnya  web  atau  WWW  adalah  sebagai  berikut  : sampai dengan awal1980an, apa yang sekarang disebut sebagai internet adalah  sesuatu  jaringan  yang  relatifkecil  yang  disebut  dengan  ARPAnet. Jaringan mini ini khususnya digunakan untuk peralatan penelitian selama 15  tahun.  Setelah  internet   dibuat  oleh  banyak  universitas  dan  instansi pemerintah  ,  lalu  mereka  bisa  bisa  menggunakanya  untuk  melakukan pertukaran  data  dan  mendistribusikannya.  Meski  pada  awalnya  internet secara  khusus  digunakan  untuk  dunia  pendidikan,  organisasi  komersial merealisasikan  suatu  hal  yang  potensial  dari  internet  dan memanfaatkannya secara baik.

Web dibuat untuk mengatasi masalah distribusi informasi diinternet. Sampai dengan pembuatan internet, hamper semua distribusi informasi dilakukan dengan cara pengiriman email, FTP, Archie dan Gopher. Email (electronic  mail)  menjadi  luas  penggunaannya  untukpertukaran  informasi antara  berbagai  kelompok  dari  masyarakat  atau  perorangan  .  FTP  (file transfer  protocol)   elah  digunakan  untuk  mengirimkan  dokumen  dari  satu komponen  ke  komponen  yang  lain.  Archie  adalah  suatu  prosedur  untuk melokasikan  berbagai  dokumen  pada  internet.  Yang  sebelum  ini  ada, sekian banyak informasi yang ada diinerne tersebar tidak tentuarahnya dan sulit untuk menemukannya. Untuktu, mesiki Anda tahu informasi itu berada di  mana,  Anda  tidak  punya  cara  untuk  menemukannya.  Hal  ini  menjadi masalah  besar  jikaseseorang  harus  mencari  informasi  diinternet.  Karena infrastruktur suatu oraganisasi informasi yang baik tidak ditmukan, internet tidak dapat digunakan dengan segala potensialnya.

Sebagai pemecahan masalah ini, Gppher kemudian ditemukan oleh Universitas  ichigan.  Gopher  adalah  database  informasi  yang  diatur  oleh menu  interface  secara  irarki.  Gopher  dirancang  untuk  mempersempit daerah pencarian dari informasi umum ke informasi yang spesifik dengan

menawarkan pilihan topic dari berbagai macam lapisan. Untuk memperluas jumlah  informasi  yang  dapat  disediakan  ,  gopher  terbukti  lebih  efisien sebagai  cara   untuk  mengalokasi  dan  mendistribusi  informasi  disebarkan oleh  cara  gopher  yang  terbatas  hanya  pada  teks,  dan  melakukan  akses informasidi beberapa lokasi dengan tidak begitu baik. Lebih jauh, teknologi informasi  internet  yang  telah  kita  pakai  memiliki  beberapa  kelemahan, diantaranyanya :
. Ketergantungan platform
. Kurangnya standarisasi
. Keterbatasan menampilkan teks
. Penggunaan antar muka
. Kekurangan dari segi keamanan
. Kebutuhan akan pengetahuan system UNIX
. Ketidakmampuan akan perluasan ke teknologi yang lebih baru

Sehubungan dengan keterbatasantersebut dan hal lainnya, metode, platform  baru  dengan  metode  yang  lebih  bebas  dan  tidak  terlallu tergantung,  hrus  segera  ditemukan  untuk  proses  distribusi  informas  di internet . Hal ini telah dikemukakan oleh labolatorium Fisika Partikel Eropa (European Particle Physics Laboratory) CERN (Conseil European pour la Recherche  Nucleaire)  di  Geneva,  Switzerland,  saat  Hyper  Text  Markup Language (HTML) dibuat. HTML diolah dari format bahasa dokumen yang disebut Standard Generalized Markup Language (SGML). HTML dirancang untuk menjadi suatu modifikasi bahasa .

Dokumen yang sangat mudah dipelajari, digunakan, dan dikirim ke seluruh internet.  HTML  ialah  lebih  mudah  menggunakan  dan  mudah  dipelajari daripada SGML. Untuk mengirimkan dokumen HTML ke internet, TCP/ IP (Transport  Control  Protocol  /  Internet  Protocol  )  berbasis  protocol  telah ditemukan.  Protokol  ini  menjadi  terkenal  dengan  istilah  Hyper  Text Transport Protocol (HTTP). World Wide Web dilahirkan dengan pembuatan HTTP dan HTML.

Alamat-alamat  Web  memiliki  banyak  keterbatasan  pada masalalunya dengan belum adanya penyelenggara isi dari Internet. Server web  berbicara  lewat  HTTP  untuk  mengirimkan  dokumen  HTML,  and browser  web  menggunakan  HTTP  untuk  menerima  dokumen  HTML. Browser  web  menampilkan  berbagai  obyek,  baik  yang  diam  maupun interaktif seperti tulisan, gambar, aplikasi Java dan lain lain.

Lewat  penyatuan  teks,  gambar,  grafik,  video,  suara  dan  aplikasi interaktif,  WWW  telah  menjadi  media  pertukaran  informasi  yang  bisa dibandingkan  dengan  Gopher.  Dengan  adanya  World  Wide  Web, seseorang  yang  mencari  suatu  informasi  akhirnya  berhasil  untuk menyelami banyak sumber informasi dan dengan mudah berjalan dari satu sumber informasi dan dengan mudah berjalan dari satu sumber yang lain dengan  mengikuti  bermacam-macam  hyperlinks.  Hyperlinks  adalah  objek yang  menghubungkan  Uniform  Resource  Locator  (URL)  halaman  web. Saat  pengguna  mengklik  hyperlink,  dia  akan  ditransfer  ke  halaman  yang ditentukan  sebelumnya  oleh  pemilik  Web.  URL-URL  tersebut  dapat dibayangkan  sebagai  alamat-alamat  dari  halaman  web.  Setiap  halaman web  memiliki  1  atau  lebih  URL  yang  berhubungan.  Dengan  bantuan aplikasi  khusus  dan  browser,  WWW  dengan  cepat  menjadi  kendaraan untuk distribusi text dan multimedia di internet. World Wide Web mencapai kepopulerannya se
telah Mosaic, salah satu browser Web yang diluncurkan di  tahun  1993  oleh  National  Center  for  Supercomputing  Applications (NCSA).

3 Mutlimedia

Multimedia  merupakan  puncak  dari  teknologi  jaringan.  Secara harafiah, multimedia berarti dua atau lebih media yang kontinu, yaitu media yang  dapat  dimainkan  selama  interval  waktu  tertentu,  biasanya  dengan menggunakan interaksi pengguna. Pada prakteknya, kedua media tersebut berupa  audio  dan  video,  yaitu  suara  ditambah  dengan  gambar  yang bergerak.

3.1. Audio

Gelombang  audio  adalah  gelombang  (tekanan)  akustik  satu dii&ensi.  Ketika  suatu  gelombang  akustik  memasuki  telinga,  gendang telinga  akan  bergetar,  yang  menyebabkan  tulang  rawan  telinga  tengah bergetar  dan  mengirimkan  pulsa-pulsa  syaraf  ke  otak.  Pulsa-pulsa  ini diketahui sebagai suara oleh pendengar. Hal ini berlaku sama pada waktu gelombang akustik mengenai sebuah mikfofon.

Gelombang  suara  dapat  dikonversi  menjadi  bentuk  digital  dengan ADC ( Analog Digital Converter). Sebuah ADC mengambil tegangan listrik sebagai input yang menghasilkan bilangan biner sebagai output. Sebagai pontoon, sekarang banyak instrument music yang memiliki interface digital. Dan standar untuk hal ini disebut MIDI ( Music Instrument Digital Interface). Setiap pesan MIDI terdiri dari sebuah byte status yas  \§ diakuti oleh nol atau lebih byte data.

Sebagai contoh penerdpan dari audio, kita akan membahas tentang MPEG-MP2 Layer 3 (MP3).

3.1.1. MP3

Untuk mendapatkan kualitas audio yang baik sekarang tidak harus menggunakan CD Audio format yang dapat dimainkan dengan CD player atau  PC  namun  dengan  menggunakan  format  MP2  layer  2  (MP3)  dapat dihasilkan  kualitas  suara  yang  sangat  baik  pula.  Player  MP3  pun  sudah banyak  bermunculan  baik   untuk  PC  maupun  VCD  player  dengan kemampuan mendekodekan MP3.

3.1.2. Sejarah MPEG Audio Layer 3

Pada  tahun  1987,  IIS  mulai  bekerja  mencari  cara  untuk mengkodekan  audio  digital  berdasarkan  daya  tangkap  pendengaran. Proyek  tersebut  dinamakan  proyek  EU147.  Dalam  proyek  tersebut  IIS bekerjasama dengan Universitas Erlagen (Prof.Dieter Seitzer). Akhirnya IIS berhasil  menemukan  teknik  pengkodean  yang  kemudian  distandardkan sebagai ISO-MPEG Audio Layer-3 (MPEG-1: IS  11172-3 dan MPEG-2: IS 13818-3).  Dalam  perkembangan  selanjutnya  dikenal  adanya  MPEG-2.5. Versi ini tidak terdaftar di ISO dan jarang digunakan.

Pada  awalnya  MPEG  Audio  Layer-3  banyak  dipakai  oleh  para pengguna  computer.  File-file  MPEG  Audio  layer  3  disimpan  dengan ekstensi  nama  file  MP3.  Kemudian  MPEG  Audio  Layer-3  selanjutnya banyak dikenal sebagai MP3.

3.1.3 Dasar Kompresi Audio MPEG

Proses  kompresi  dibedakan  menjadi  dua  yaitu  lossy  compression (setelah dekompresi ada data-data yang hilang) dan lossles compression (setelah  dekompresi  tidak  ada  data-data  yang  hilang),  sedang  kompresi MPEG termasuk lossy compression.

Ini  berarti  setelah  audio  digital  dikompres  dengan  MPEG  dan didekompresikan  kembali  menjadi  sinyal  analog,  sinyal  yang  dihasilkan tidak sama dengan aslinya. Memang benar ada data yang hilang dan bunyi atau suara yang dihasilkan tidak sesuai dengan aslinya. Tetapi bunyi atau suara yang dihilangkan adalah bunyi yang tidak dapat dibedakan dengan pendengaran  manusia.  Lain  halnya  jika  suara  yang  dihasilkan dibandingkan  dengan  aslinya  dengan  alat  ukur  atau  dengan  spectrum analyzer.

Rangkuman

Layer ini adalah yang paling “cerdas”, gateway berada pada layer ini. Gatewaymelakukan pekerjaan yang sama seperti sebuah router, tetapi ada perbedaan diantaramereka. Layer Application adalah penghubung utama antara aplikasi yang berjalan pada satu komputer dan resources network yang membutuhkan akses padanya. Layer Application adalah layer dimana user akan beroperasi padanya, protocol seperti FTP,telnet, SMTP, HTTP, POP3 berada pada layer Application. Fungsi application layer antara lain: Sebagai antarmuka dengan aplikasi dengan fungsionalitas jaringan, mengatur  bagaimana aplikasi dapat mengakses jaringan, dan kemudian membuat pesan-pesankesalahan. Protokol yang berada dalam lapisan ini adalah HTTP, FTP, SMTP, dan NFS.

Post a Comment

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Previous Post Next Post